Profil Desa

Desa Planggaran Barat merupakan salah satu desa di kecamatan Banyuates kabupaten Sampang yang berbatasan dengan sebelah barat desa Olor, sebelah selatan: Planggaran Timur, sebelah timur: Planggaran Timur, dan sebelah utara: desa Tapaan. Desa Planggaran terdiri dari 3 dusun yaitu dusun Taposan, dusun Sedang dan dusun Joampet. Akses jalan menuju desa Planggaran cukup sulit karena jalannya berbatu dan bergelombang, sehingga menyulitkan warga untuk menuju ke kota.

Asal-usul nama desa Planggaran yaitu berawal dari sebuah daerah yang memiliki banyak langgar dibandingkan dengan daerah lain, sehingga disebut desa Planggaran. Hingga saat ini orang-orang mengenalnya dengan sebutan desa Planggaran.

Desa Planggaran memiliki potensi sumber daya manusia sebesar 437 KK, yang terdiri dari 754 laki-laki dan 780 perempuan dengan total keseluruhan sebanyak 1.534 jiwa. Semua tercatat beragama islam. Mayoritas warga memiliki mata pencaharian sebagai petani. Komiditi yang banyak ditanam yaitu padi, jagung, cabai, singkong dan talas.

Sebagian besar lahan di desa Planggaran masih banyak yang belum dimanfaatkan secara optimal. Mereka hanya mengandalkan sawah tadah hujan, karena ketika musim kemarau sering mengalami kekeringan. Warga memanfaatkan air bendungan dan air sungai untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, ada juga yang membeli air untuk minum.

Sumber daya manusia di desa Planggaran termasuk dalam kategori menengah kebawah, karena warganya mayoritas berpendidikan SD, dan SMP. Namun, banyak juga yang belum berpendidikan sehingga warga belum banyak mengenal teknologi dan inovasi terbaru. Sehingga masih dalam kategori desa yang tertinggal.

Leave a comment